Seiring dengan perkembangan teknologi, proses produksi konten kini semakin aksesibel dan bisa dilakukan oleh orang awam. Hal ini mendorong sebuah fenomena marketing baru, yaitu user-generated content campaigns. Apa yang dimaksud dengan user-generated content dan bagaimana kita bisa memanfaatkannya dalam marketing?
Apa Itu User-Generated Content?
Pernahkah Anda membaca review atau melihat foto sebuah produk dari pengguna lain? Review dan foto tersebut termasuk dalam kategori user-generated content. User-generated content mencakup seluruh bentuk konten, seperti tulisan, foto, video, dan lainnya, yang dihasilkan oleh konsumen atau pelanggan. Brand kemudian dapat meng-upload ulang konten tersebut sebagai bukti testimoni yang otentik.
Kategori konten ini hanya bisa dilakukan berkat partisipasi yang tinggi dari audiens yang tidak dibayar. Partisipasi yang tinggi ini menunjukkan tingkat loyalitas audiens. Konten yang dihasilkan pun biasanya sangat jujur dan apa adanya. Ini sebabnya, user-generated content dapat meningkatkan kepercayaan audiens yang lainnya.
Manfaat User-Generated Content
- Promosi yang Otentik
Pada umumnya, seseorang akan meninggalkan review untuk brand apabila mereka sangat puas atau sangat kecewa terhadap produk dan layanan brand tersebut. Itu sebabnya, biasanya kita dapat mempelajari sebuah brand secara lebih detail melalui user-generated content.
Berbeda dengan konten testimoni influencer atau penjelasan langsung dari brand, user-generated content biasanya disukai konsumen karena menunjukan produk secara jujur.
- Membangun Image Terpercaya
Karena testimoni yang jujur itu, user-generated content biasanya dianggap sebagai masukan yang valid. Pengalaman dari pengguna lainnya bisa menjadi pembangun ekspektasi yang masuk akal. Selain itu, keberadaan user-generated content menunjukan kualitas brand tersebut dari sudut pandang pengguna lainnya.
- Membantu Buying Decision
Setelah mengetahui pengalaman orang lain dalam menggunakan dan menikmati brand tersebut, pengguna lain dapat lebih termotivasi untuk melakukan pembelian. Kombinasi dari promosi yang otentik, image yang terpercaya, dan ekspektasi yang jelas, dapat membuat audiens lebih tergerak.
Memaksimalkan User-Generated Content
Untuk memberikan ruang maksimal bagi audiens dan pengguna dalam menghasilkan user-generated content, brand dapat melakukan beberapa hal ini:
- Tunjukan branding yang kuat. Hal ini perlu dilakukan agar para pembuat UGC dapat melihat visual dan gaya bahasa yang diinginkan oleh brand, sehingga mereka dapat menyesuaikan dengan branding.
- Pahami behavior audiens. Kenali di mana audiens Anda berada dan suka membuat review seperti apa.
- Berikan stimulus untuk membuat review. Stimulus ini bisa dilakukan dengan membuat konten pancingan yang mengajak audiens untuk menceritakan pengalaman mereka.
- Ciptakan situasi yang kondusif. Pastikan brand selalu meminta izin dan berterima kasih apabila ingin mengambil konten sebagai testimoni.
Dengan beberapa upaya tersebut, brand dapat mengoptimalkan pemanfaatan user-generated content untuk membangun kepercayaan, meningkatkan engagement, dan mendorong conversions.