Henry Harris (CEO Limestones) dan Brenda Lesmana (Palmia Representative) menerima Gold Trophy untuk Campaign Palmia Points sebagai Loyalty Program

Dengan banyaknya jumlah brand di pasaran, menggaet lalu mempertahankan konsumen menjadi salah satu tantangan terbesar bagi marketer. Loyalty program dapat menjadi salah satu stimulus untuk membangun engagement agar konsumen terus setia menggunakan brand tersebut.

Loyalty program sendiri dapat diartikan sebagai sistem yang memberikan insentif atau penghargaan kepada konsumen yang kembali menggunakan brand tersebut, Insentif ini dapat berupa diskon, kenaikan level, penawaran khusus, atau poin, seperti yang dilakukan Award Winning Marketing Campaigns dari Palmia dan Limestones dengan Palmia Points.

Sebagai award winning digital campaigns untuk kategori Best Use Rewards and Incentives di ajang The Loyalty and Engagement Awards 2024, Palmia Points disusun berdasarkan pola perilaku digital target utama campaign ini; yaitu ibu rumah tangga yang hobi memasak. Palmia Points dimanfaatkan sebagai insentif dalam membangun pengalaman digital bersama Palmia yang menyeluruh untuk para ibu rumah tangga. 

Palmia Points dan Website sebagai Medium Loyalty Program

Pertama, Palmia menjadikan websitenya sebagai hub untuk berbagai resep dan tips memasak. Tidak hanya menyediakan resep dan artikel tips, website Palmia juga menyediakan platform bagi ibu rumah tangga untuk membagikan resep mereka sendiri untuk membangun interaksi. Kegiatan membagikan resep ini mendapatkan reward berupa Palmia Points. Hal ini sesuai dengan temuan Limestones tentang perilaku ibu rumah tangga yang senang mencari inspirasi resep untuk memasak sehari-hari sekaligus memamerkan kemampuan memasak mereka. 

Palmia Points sebagai pemenang marketing interactive awards juga memperhitungkan keuntungan dari pengumpulan poin ini dan menyesuaikannya dengan sifat brand yang lekat dengan memasak. Ketika Palmia Points telah mencapai jumlah tertentu, para ibu rumah tangga ini dapat menukarkannya dengan berbagai alat masak yang dapat menunjang kegiatan mereka di dapur.

Media Sosial untuk Amplifikasi Loyalty Program

Insentif yang diberikan tidak berhenti di website. Seluruh kegiatan media sosial yang berfokus di Instagram juga mengarahkan audiens ke komunitas Palmia Points tersebut. Untuk menciptakan lebih banyak insentif, berbagai resep yang telah dibagikan ibu rumah tangga juga dijadikan bahan konten sosial media yang disebarkan ke seluruh audiens sekaligus sebagai salah satu bentuk pengakuan terhadap resep tersebut. 

Celebrity Chef sebagai Rewards dalam Loyalty Program

Pada momentum tertentu seperti Hari Ibu atau Bulan Ramadan, resep dari ibu rumah tangga ini dikurasi untuk dimasukan dalam acara TV nasional sehingga menciptakan insentif yang lebih besar. Resep yang diberikan para ibu rumah tangga ini akan dimasak kembali oleh celebrity chef.

Tidak hanya menjadi Award Winning Marketing Campaigns di ajang The Loyalty and Engagement Award 2024 untuk kategori Best Use Rewards and Incentives, ekosistem loyalty program Palmia Points ini juga mampu meningkatkan jumlah loyal members sekaligus unique visitors website. Jumlah resep yang dikumpulkan selama 2023 mencapai 2614 resep, membuat website Palmia menjadi satu-satunya brand yang berada dalam Top 25 Cooking Website.

Last Update: August 30, 2024