Belakangan ini, TikTok merupakan salah satu platform paling populer untuk melakukan digital marketing. Baik langsung dari brand atau melalui content creator dan KOL, video pendek kini semakin menjadi tren format konten. Persaingan konten ini membuat ide konten TikTok yang segar selalu diincar demi FYP.

Supaya ide konten TikTok terus mengalir, pemahaman tentang platform menjadi sangat krusial bagi content creator. Berikut beberapa tips mudah supaya nggak kehabisan ide ngonten di TikTok!

Keep It Short, Sweet, and Simple

Apa yang pertama kali terlintas dalam pikiran ketika mengingat TikTok? Kalau jawabannya video vertikal berdurasi pendek, maka kamu nggak sendirian! Salah satu alasan platform ini berkembang dengan sangat cepat adalah sifat kontennya yang cenderung singkat. Meski sekarang TikTok mampu mengupload video hingga 10 menit, kebanyakan viewers masih lebih menyukai konten yang lebih pendek.

Ini bisa menciptakan benefit bagi content creator, karena dari satu video berdurasi panjang dapat dibagi sehingga kuantitasnya lebih banyak. Jangan lupa untuk menambahkan CTA di bagian akhir untuk melanjutkan menonton konten berikutnya!

Hook Jadi Semakin Penting

Salah satu alasan mengapa TikTok menjadi semakin populer adalah karena tampilan UInya yang memungkinkan user untuk mengganti konten melalui swipe up atau swipe down. Pergantian konten yang sangat mudah ini juga membuat user sangat mudah untuk melewati konten yang dianggap kurang menarik. Peran hook pada video TikTok ini menjadi semakin penting supaya audience memutuskan untuk tetap menonton video kita. 

Opening yang ‘kontroversial’, clickbait-y, atau memakai meme populer bisa dimanfaatkan sebagai pintu masuk agar audiens merasa betah dan kerasan di konten kita. Jangan lupa untuk tetap memberikan informasi yang akurat pada isi konten untuk meluruskan clickbait atau ‘kontroversi’ yang dibuat di awal ya!

The New Search Engine alias SEO di TikTok

Menurut NYTimes, TikTok kini telah menjelma menjadi search engine baru. Berbekal pemahaman ini, tapping in kepada niche tertentu dapat menjadi kunci dalam menghasilkan ide konten TikTok viral. Dengan menerapkan search engine optimization (SEO) pada TikTok melalui copy, sound, caption, atau hashtag, konten dapat dioptimalkan sehingga mudah ditemukan saat mencari informasi. Mengingat persaingan konten TikTok yang begitu ketat, strategi ini tentu bisa diterapkan supaya visibilitas konten semakin tinggi.

Salah satu genre yang bisa digali adalah konten tutorial dan review produk. Selain memberikan informasi tentang produk secara langsung dari sumber terpercaya, konten ini juga diharapkan mampu menjadi top videos saat mencari informasi di TikTok.

Barusan adalah beberapa cara mengapproach TikTok supaya tidak kehabisan ide konten. TikTok memiliki beberapa karakteristik unik yang berbeda dari platform lainnya. Semakin kita mengenali platform tersebut, maka semakin banyak ide yang bisa diimplementasikan di platform itu. Selamat ngonten di TikTok!

Last Update: June 14, 2024