Dengan 500 juta daily user, Instagram menjadi salah satu platform utama bagi banyak brand lokal dalam mencari exposure. Strategi pemasaran di Instagram memungkinkan marketer memperkenalkan brand mereka, membentuk persona, menggaet audiens, hingga mengarahkan ke conversion. Salah satu fitur Instagram yang dapat melakukan seluruh hal tersebut adalah Instagram Stories. 

Ketika Limitasi Menjadi Peluang

Salah satu keunikan dari Instagram Stories adalah waktu tayangnya terbatas hanya 24 jam. Facebook juga melaporkan bahwa Instagram Stories adalah jenis konten yang dikonsumsi lebih cepat dibanding jenis konten lain. Algoritma Instagram Stories yang memberikan urutan secara random dan tidak berurutan juga menjadi karakteristik unik dari konten ini. Meski terdapat tantangan berupa keterbatasan waktu tayang, waktu konsumsi konten yang singkat serta algoritma yang terkesan acak, hal ini bisa menjadi keuntungan bila dimanfaatkan melalui strategi yang tepat.

Salah satu penerapan dari waktu tayang terbatas ini adalah pemanfaatan untuk membuat banyak konten eksklusif dengan urgensi tinggi; seperti untuk promosi, tanggal kembar, atau memberikan kode spesial bagi audiens setia. Kecepatan dalam konsumsi konten ini juga bisa memperbesar peluang supaya Instagram Stories dari brand terlihat. Dengan memperhatikan penempatan konten, seperti meletakan konten yang clickbait-y pada urutan pertama, Instagram Stories brand dapat menjadi kejutan menyenangkan bagi audiens dan meningkatkan retensi.

Tempat Bermain dan Berinteraksi Bersama Audiens

Mulai dari sticker, polling, question box, hingga notify, Instagram Stories dipenuhi dengan berbagai fitur yang dapat digunakan brand lokal untuk berinteraksi dengan audiens. Salah satu fitur yang bisa dimanfaatkan adalah Add Yours sticker yang memungkinkan brand mengajak audiens untuk turut berkolaborasi dalam sebuah konten. Kolaborasi tersebut bahkan mampu membuat jangkauan brand menjadi lebih luas, karena audiens dari audiens brand juga dapat melihat konten tersebut.

Instagram Stories juga memungkinkan brand untuk menambahkan link, sehingga mampu menggiring audiens. Menurut Instagram, fitur link di Instagram Stories ini memang diperuntukan bagi brand untuk menumbuhkan bisnis mereka.
Instagram Stories menawarkan fleksibilitas tinggi untuk brand dalam mengkomunikasikan pesannya. Memanfaatkan Instagram Stories dan berbagai fitur di dalamnya bisa menjadi kuda hitam dalam strategi pemasaran di Instagram.

Categorized in:

Digital Industry 101,

Last Update: November 13, 2024