Pertumbuhan jumlah dan perkembangan brand lokal di Indonesia terasa semakin cepat. Instagram menjadi salah satu medan tempur utama berbagai brand lokal, dengan 98% brand lokal yang melakukan marketing di Instagram. Keterbatasan dana dan alokasi untuk produksi yang lebih diutamakan menjadi salah satu penyebabnya, sehingga banyak brand lokal menerapkan pengembangan bisnis secara daring atau online-first brand. Hal ini menyebabkan strategi pemasaran di Instagram sangat penting bagi brand.
Banyak hal yang bisa dilakukan untuk memaksimalkan presensi sebuah brand di Instagram, terutama apabila brand itu baru saja dirintis. Berikut ini adalah checklist yang menyederhanakan beberapa cara untuk mengoptimalisasikan Instagram sebagai kanal marketing brand lokal.
Optimalisasi Profil Bisnis
Langkah paling awal yang sebaiknya tidak dilewatkan adalah dengan mengubah akun Instagram brand menjadi akun bisnis. Lebih dari sekedar memberikan kesan profesional, Instagram Bisnis juga memberikan akses yang tidak didapatkan pada Instagram pribadi, seperti Ads dan Insight.
Karena banyak pengguna Instagram yang mencari sebuah brand di Instagram, usahakan untuk menerapkan SEO atau mengoptimalisasi profil dengan berbagai keyword. Pilih username yang mudah dikenali dan bio yang informatif. Jangan lupa menambahkan link website pada kolom tersedia sebagai funneling sesuai dengan tujuan.
Variasikan Jenis Konten
Konten yang dapat dimaksimalkan untuk strategi marketing di Instagram tidak hanya visual pada feed. Selain mengkombinasikan single feed, carousel, maupun reels secara visual, copywriting serta pemilihan hashtag yang apik juga mampu mendukung performa akun Instagram. Brand juga bisa mengeksplor Instagram Stories maupun Instagram Live sebagai opsi konten.
Manfaatkan Built-In Feature yang Tersedia
Alokasi dana yang terbatas tentu bukan jadi penghalang untuk kreativitas.Instagram menawarkan begitu banyak fitur yang bisa dimanfaatkan oleh sebuah brand. Dari segi pengelolaan kreatif, Instagram Stories menyajikan banyak opsi sticker seperti polling dan question box yang bila dimanfaatkan secara maksimal, mampu mengundang interaksi sekaligus menjadi inspirasi untuk konten berikutnya yang sesuai dengan kebutuhan audiens.
Instagram juga memiliki tombol kontak sehingga audiens dan calon pelanggan sebuah brand dapat berkomunikasi secara langsung. Brand juga bisa memanfaatkan fitur quick reply di pesan langsung sebagai salah satu cara menjaga interaksi dengan calon pelanggan.
Bagi banyak brand lokal, Instagram menjadi salah satu kanal marketing utama. Hal ini bisa menimbulkan saturasi, sehingga para pemainnya dituntut untuk terus berinovasi. Terus bereksperimen dapat menjadi salah satu kunci untuk merebut hati audiens dan mengubahnya menjadi pelanggan dengan loyalitas tinggi.